Tutorial Grafika Komputer Menggunakan JAVA 2D III


Hallo Sobat bertemu lagi dengan kami, kali ini kami akan mencoba menjelaskan tentang bagaimana cara untuk membuat bentuk bangun datar berupa lingkara dan mengubah ukurannya menggunakan Java Netbeen. Tak usah banyak basa basi lagi mari ikuti Langkah - langkah berikut :
1. Yang pertama perlu kita lakukan adalah kita buat file.java
2. Lalu kita isikan dengan scriptnya, sebagai berikut :
 /*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package belajar2;
import java.awt.*;
import javax.swing.*;

/**
 *
 * @author user
 */
public class Belajar2 extends JApplet{

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        JFrame frame = new JFrame();
        frame.setTitle("Judul");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        JApplet applet = new Belajar2();
        applet.init();
        frame.getContentPane().add(applet);
        frame.pack();
        frame.setVisible(true);
    }
public void init()
    {
    JPanel panel = new Panel2D();
    getContentPane().add(panel);
}
}
class Panel2D extends JPanel
{
public Panel2D()
    {
    setPreferredSize(new Dimension (801, 451));
    setBackground(Color.LIGHT_GRAY);
}
public void paintComponent(Graphics g)
    {
    Dimension d = getSize();
    int maxX = d.width-1; int maxY = d.height-1;
    super.paintComponent(g);
    Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;
  
    g2.drawOval(100, 100, 100, 100);
    g2.drawOval(50, 50, 100*2, 100*2);
}
}

3. Selanjutnya Run project dengan F6

Semoga tutorial yang kami bagi ini dapat membantu sobat sekalian.
SELAMAT BELAJAR

0 Response to "Tutorial Grafika Komputer Menggunakan JAVA 2D III"

Post a Comment