Tutorial Grafika Komputer Menggunakan JAVA 2D VII

Sobat... pada pertemuan ini kami akan mencoba menjelaskan tentang bagaimana cara untuk membuat karakter Anggry Bird Merah menggunakan Java Netbeen. Langkah - langkahnya sebagai berikut :
1. Yang pertama perlu kita lakukan adalah kita buat file.java
2. Lalu kita isikan dengan scriptnya, sebagai berikut :

package prakgrafkom4;

import java.awt.BasicStroke;
import java.awt.Color;
import java.awt.Dimension;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.Polygon;
import javax.swing.JApplet;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;

public class Prakgrafkom4 extends JApplet {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        JFrame frame = new JFrame();
        frame.setTitle("Tugas Praktikum Grafkom 4");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        JApplet applet = new Prakgrafkom4();
        applet.init();
        frame.getContentPane().add(applet);
        frame.pack();
        frame.setVisible(true);
    }
   
    public void init() {
        JPanel panel = new Panel2D();
        getContentPane().add(panel);
    }
   
}

class Panel2D extends JPanel {

    public Panel2D() {
        setPreferredSize(new Dimension(910, 650)); //persegi
        setBackground(Color.red);
    }

    public void paintComponent(Graphics g) {
        Dimension d = getSize(); //dapat nilai resolusi
        int maxX = d.width - 1;
        int maxY = d.height - 1;
        super.paintComponent(g);
        Graphics2D g2 = (Graphics2D) g;

//angry bird merah
        g2.setColor(Color.black);
        g2.setStroke(new BasicStroke(3.0f));
        g2.drawOval(65, 75, 280, 280); //wajah
       
        g2.setColor(Color.white);
        g2.fillOval(135, 170, 60, 60); //mata
        g2.fillOval(220, 170, 60, 60);
       
        g2.setColor(Color.black);
        g2.drawLine(150, 160, 207, 185);
        g2.drawLine(207, 185, 264, 160); //alis
       
        g2.setColor(Color.black);
        g2.fillOval(160, 190, 20, 20);
        g2.fillOval(236, 190, 20, 20); //mata dalam
       
        int xPoly1[] = {162, 208, 252, 208};
        int yPoly1[] = {235, 220, 235, 295}; //hidung
       
        g2.setColor(Color.white);
        g2.fillOval(126, 273, 160, 80); //dagu
       
        g2.setColor(Color.yellow);
        g2.fillPolygon(xPoly1, yPoly1, xPoly1.length);
       
        g2.setColor(Color.orange);
        g2.drawLine(208, 221, 208, 291);
  }
}

3. Run project F6


Semoga tutorial yang kami bagi ini dapat membantu sobat sekalian.
SELAMAT BELAJAR

0 Response to "Tutorial Grafika Komputer Menggunakan JAVA 2D VII"

Post a Comment