Tutorial Grafika Komputer Menggunakan JAVA 2D IX

Nah Sobat... untuk kali ini ada sedikit yang berbeda kami akan mencoba menjelaskan tentang bagaimana cara untuk membuat gambar 2D berupa bangunan dengan menggunakan Sublime Text Editor. Biar tidak semakin penasaran mari ikuti Langkah - langkah berikut :

1. Isikan script dibawah ini pada Sublime Text Editor

import java.awt.*;
import javax.swing.*;

public class pratikumUts extends JApplet{       //class grafkom merupakan turunan class JApplet

    public static void main(String[] args) {
        JFrame canvas = new JFrame();       //JFrame = dialog box
        canvas.setTitle("HAHAHAHAHAHHAH");
        canvas.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        JApplet applet = new pratikumUts();        //Memberi nama baru applet "Harus sesuai nama public class"
        applet.init();
        canvas.getContentPane().add(applet);
        canvas.pack();
        canvas.setVisible(true);
        canvas.setLocationRelativeTo(null);
    }
   
    @Override
    public void init(){                 // membuat method dg nama init yang bertipe void dan akses public
        JPanel panel = new Panel2D();
        getContentPane().add(panel);
    }
   
    class Panel2D extends JPanel {      // class Panel2D termasuk turunan JPanel
       
        public Panel2D(){
            setPreferredSize(new Dimension(1001, 600)); // Resolusi Panel   
            setBackground(new Color(123,111,222));      // Warna Background
        }
       
        @Override
        public void paintComponent(Graphics g) {
           
            Dimension d = getSize();                 // Maksudnya Dimension adalah Dialog Box atau panel
            int maxX = d.width-1; int maxY = d.height-1;     // Mengambil nilai maks X dan Y dari ukuran Dialog Box pada Panel2D
            super.paintComponent(g); 
            Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;

            // tulis coding anda disini
            g2.setColor(Color.cyan);
            g2.setStroke(new BasicStroke(2.0f));
          
          
           //Buat Rumah
          
            g2.drawRect(250,280, 500, 200);
           
            //PINTU
            g2.fillRect(330,330,100,200);
            g2.fillRect(580,330,100,200);
           
            //lantai dua
            g2.drawRect(300,130,450,150);
           
            //lantai tiga
            g2.drawRect(600,10,150,120);
           
            //jendela lantai tiga
            g2.fillRect(630,30,30,30);
            g2.fillRect(700,30,30,30);
           
            g2.fillRect(630,80,30,30);
            g2.fillRect(700,80,30,30);
           
            //Jendela lantai dua
            g2.fillRect(380,180,40,40);
            g2.fillRect(510,180,40,40);
            g2.fillRect(640,180,40,40);
           
            //kota kiri
            g2.drawLine(0,200,270,200);
            g2.drawLine(270,200,300,250);   

            g2.drawLine(0,300,250,300);
           
            g2.drawRect(0,0,200,200);
           
            g2.drawRect(780,0,200,600);
           
           
            //Jendela Kanan
            g2.fillRect(830,330,100,200);
           
            g2.fillRect(830,80,100,200);
           
           
           
           
            //jalan
            g2.setColor(Color.gray);
            g2.fillRect(0,480,1001,120);
           

           
            //garis putih
           
            g2.setColor(Color.white);
            g2.fillRect(150,540,100,20);
            g2.fillRect(450,540,100,20);
            g2.fillRect(750,540,100,20);
               
                //Tulisan
            g2.setFont(new Font("Arial", Font.BOLD, 40));
            g2.drawString("BitDev Pirates", 280,80);
           
        }
    }
   
}

2. Compile Program

Semoga tutorial yang kami bagi ini dapat membantu sobat sekalian.
SELAMAT BELAJAR

 

0 Response to "Tutorial Grafika Komputer Menggunakan JAVA 2D IX"

Post a Comment