Hey Sobat... Kali ini kami akan mencoba menjelaskan tentang
bagaimana cara untuk membuat Lapangan Sepak Bola menggunakan Java Netbeans. Tak usah banyak basa basi lagi
mari ikuti Langkah - langkah berikut :
1. Yang pertama perlu kita lakukan adalah
kita buat file.java
2. Lalu kita isikan dengan scriptnya, sebagai
berikut :
/*
* To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
* To change this template file, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package lapangansepakbola;
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
import java.awt.Color;
import java.awt.GradientPaint;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import javax.swing.JPanel;
public class LapanganSepakBola extends JApplet{
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
JFrame frame = new JFrame();
frame.setTitle("Lapangan Sepak Bola - Tugas 2");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
JApplet applet = new LapanganSepakBola();
applet.init();
frame.getContentPane().add(applet);
frame.pack();
frame.setVisible(true);
}
public void init() {
JPanel panel = new Panel2D();
getContentPane().add(panel);
}
class Panel2D extends JPanel {
public Panel2D() {
setPreferredSize(new Dimension(1000, 500));
setBackground(Color.LIGHT_GRAY);
}
public void paintComponent(Graphics g) {
Dimension d = getSize();
int maxX = d.width-1; int maxY = d.height-1;
super.paintComponent(g);
Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;
Color warna;
//tulis coding disini
//luar garis lapangan
g2.setColor(Color.GREEN);
g2.fillRect(70,20,860,460);
g2.setColor(Color.BLACK);
g2.setStroke(new BasicStroke(3.0f)); //untuk menebalkan garis
g2.drawRect(70,20,860,460);
//lapangan
g2.setColor(Color.GREEN);
g2.fillRect(100,50,800,400);
//garis tepi lapangan
g2.setColor(Color.WHITE);
g2.drawRect(100,50,800,400);
//warna lapangan
warna = new Color(28,212,40);
g2.setColor(warna);
g2.fillRect(102,52,49,397);
g2.fillRect(202,52,49,397);
g2.fillRect(302,52,49,397);
g2.fillRect(402,52,49,397);
g2.fillRect(502,52,49,397);
g2.fillRect(602,52,49,397);
g2.fillRect(702,52,49,397);
g2.fillRect(802,52,49,397);
//garis tengah
g2.setColor(Color.WHITE);
g2.drawLine(500,51,500,449);
//lingkaran tengah
g2.drawOval(435,185,130,130);
//gawang kiri kecil
g2.drawLine(101,185,140,185);
g2.drawLine(101,315,140,315);
g2.drawLine(140,185,140,315);
//gawang kiri besar
g2.drawLine(101,140,190,140);
g2.drawLine(101,360,190,360);
g2.drawLine(190,140,190,360);
//setengah lingkaran kiri dan kanan
g2.drawArc(158,205,70,90,90,-180);
g2.drawArc(772,205,70,90,90,180);
//gawang kanan kecil
g2.drawLine(860,185,899,185);
g2.drawLine(860,315,899,315);
g2.drawLine(860,185,860,315);
g2.drawLine(810,140,899,140);
g2.drawLine(810,360,899,360);
g2.drawLine(810,140,810,360);
}
}
3. Run project F6
Semoga tutorial yang kami bagi ini dapat membantu sobat sekalian.
SELAMAT BELAJAR
keren hasilnya, izin coba dengan ide yang sama ya. Thank you :)
ReplyDeleteplease visit http://www.atmaluhur.ac.id/
Bolacamar didedikasikan untuk kita para pecinta bola agar dapat dengan mudah melakukan berbagai macam registrasi, umumnya daftar bolacamar tidaklah memerlukan berbagai persyaratan dan ketentuan yang sangat sulit. Namun untuk login bolacamar sendiri haruslah sesuai dengan tempat yang sudah di tentukan.
ReplyDelete