Kali ini kami akan mencoba menjelaskan tentang
bagaimana cara untuk membuat bentuk gambar dengan Polygon menggunakan Java Netbeen. Tak usah banyak basa basi lagi
mari ikuti Langkah - langkah berikut :
1. Yang pertama perlu kita lakukan adalah
kita buat file.java
2. Lalu kita isikan dengan scriptnya, sebagai
berikut :
/*
* To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
* To change this template file, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package belajar4_4;
/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
/**
*
* @author Lab Aplikasi 1
*/
public class belajar4_4 extends JApplet {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
JFrame frame = new JFrame();
frame.setTitle("Judul");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
JApplet applet = new belajar4_4();
applet.init();
frame.getContentPane().add(applet);
frame.pack();
frame.setVisible(true);
}
public void init() {
JPanel panel = new Panel2D();
getContentPane().add(panel);
}
}
class Panel2D extends JPanel {
public Panel2D() {
setPreferredSize(new Dimension(801, 451));
setBackground(Color.gray);
}
public void paintComponent(Graphics g) {
Dimension d = getSize();
int maxX = d.width - 1;
int maxY = d.height - 1;
super.paintComponent(g);
Graphics2D g2 = (Graphics2D) g;
int xPoly[]= {500,525,350,100,100,200,300,400};
int yPoly[]= {100,300,400,300,200,100,200,200};
//cara 1
Polygon p = new Polygon ();
p = new Polygon(xPoly, yPoly, xPoly.length);
g.drawPolygon(p);
//cara 2
//g2.drawPolygon(xPoly, yPoly, xPoly.length);
}
}
*untuk penerapan polygon ada 2 cara, Sobat tinggal pilih salah satu diantaranya
3. Run project F6
Semoga tutorial yang kami bagi ini dapat membantu sobat sekalian.
SELAMAT BELAJAR
0 Response to "Tutorial Grafika Komputer Menggunakan JAVA 2D V"
Post a Comment