Kali ini kami akan mencoba menjelaskan tentang
bagaimana cara untuk membuat Animasi
menggunakan Java Netbeen. Tak usah banyak basa basi lagi
mari ikuti Langkah - langkah berikut :
1. Yang pertama perlu kita lakukan adalah
kita buat file.java
2. Lalu kita isikan dengan scriptnya, sebagai
berikut :
/*
* To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
* To change this template file, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package pengsu;
import java.awt.Color;
import java.awt.Dimension;
import java.awt.GradientPaint;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.geom.GeneralPath;
import java.util.logging.Level;
import java.util.logging.Logger;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;
/**
*
* @panji
*/
public class pengsu extends JPanel implements Runnable {;
private int x = 0;
int x2 = 255;
int x3 = 255;
Thread th = new Thread(this);
public pengsu() {
setPreferredSize(new Dimension(350, 300));
th.start();
}
public void paintComponent(Graphics g) {
super.paintComponent(g);
Graphics2D g2 = (Graphics2D) g;
GradientPaint wp = new GradientPaint(150, 0, Color.blue, 200, 0, Color.black);
if (x < 256) {
x2 = x;
}
//perpindahan warna
GradientPaint wl = new GradientPaint(0, 0, new Color(0 + x2, 255 - x2, 255 - x2), 0, 100, new Color(255, 255, 255 - x2));
GradientPaint wt = new GradientPaint(0, 200, Color.green, 0, 250, new Color(0, 0, 0));
//membuat kotak begroundt
g2.setPaint(wl);
g2.fillRect(0, 0, 350, 300);
//membuat kotak begroundt
g2.setPaint(wt);
g2.fillRect(0, 200, 350, 100);
//letak titik garis
g2.setPaint(wp);
GeneralPath gp = new GeneralPath();
gp.moveTo(150, 150);
gp.lineTo(200, 150);
gp.lineTo(210, 270);
gp.lineTo(140, 270);
gp.closePath();
g2.fill(gp);
//garis bundar
g2.setColor(Color.WHITE);
g2.draw(gp);
gamTri(g, x);
gamTri(g, x + 90);
gamTri(g, x + 180);
gamTri(g, x + 270);
//membuat titik letak baling baling//cagak
g2.setColor(Color.WHITE);
g2.fillOval(171, 171, 10, 10);
}
private void gamTri(Graphics g, int angle) {
//membuat baling baling
g.setColor(new Color(0,0,0));
g.fillArc(100, 100, 150, 150, angle, 30);
}
//perulangan
public void run() {
while (true) {
this.x = x + 3; //mengatur kecepatan baling baling
try {
repaint();
Thread.sleep(10);
} catch (InterruptedException ex) {
Logger.getLogger(pengsu.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
}
}
public static void main(String[] args) {
JFrame fra = new JFrame();
JPanel pa = new pengsu();
fra.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
fra.getContentPane().add(pa);
fra.pack();
fra.setVisible(true);
}
}
3. Run project F6
Semoga tutorial yang kami bagi ini dapat membantu sobat sekalian.
SELAMAT BELAJAR
0 Response to " Tutorial Grafika Komputer Menggunakan JAVA 2D ( ANIMASI 4 ) "
Post a Comment