Tutorial Grafika Komputer Menggunakan JAVA 2D XIII

Kali ini kami akan mencoba menjelaskan tentang bagaimana cara untuk membuat nama dengan GeneralPath menggunakan Java Netbeen. Tak usah banyak basa basi lagi mari ikuti Langkah - langkah berikut :
1. Yang pertama perlu kita lakukan adalah kita buat file.java
2. Lalu kita isikan dengan scriptnya, sebagai berikut :


Baca juga :




/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package tugas6_4;

import java.awt.*;
import java.awt.geom.GeneralPath;
import javax.swing.*;

/**
 *
 * @author Lab Aplikasi 1
 */
public class Tugas6_4 extends JApplet {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        JFrame frame = new JFrame();
        frame.setTitle("General Path");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        JApplet applet = new Tugas6_4();
        applet.init();
        frame.getContentPane().add(applet);
        frame.pack();
        frame.setVisible(true);
    }

    public void init() {
        JPanel panel = new Panel2D();
        getContentPane().add(panel);
    }
}

class Panel2D extends JPanel {

    public Panel2D() {
        setPreferredSize(new Dimension(1100, 600));
        setBackground(Color.lightGray);
    }

    public void paintComponent(Graphics g) {
        Dimension d = getSize();
        int maxX = d.width - 1;
        int maxY = d.height - 1;
        super.paintComponent(g);
        Graphics2D g2 = (Graphics2D) g;
        GeneralPath kotak = new GeneralPath();
        g2.setStroke(new BasicStroke(3.0f));
        //R
        kotak.moveTo(290, 300);
        kotak.lineTo(345, 278);
        kotak.quadTo(450, 220, 315, 200);
        kotak.lineTo(300, 200);
        kotak.quadTo(290, 205, 290, 205);
        kotak.lineTo(290, 350);
        kotak.moveTo(280, 360);
        kotak.lineTo(300, 345);
        kotak.moveTo(345, 278);
        kotak.lineTo(400, 350);
        //E
        kotak.moveTo(400, 275);
        kotak.lineTo(400, 380);
        kotak.quadTo(400, 390, 415, 390);
        kotak.lineTo(470, 380);
        kotak.lineTo(470, 370);
        kotak.moveTo(380, 350);
        kotak.lineTo(440, 350);
        kotak.moveTo(380, 275);
        kotak.lineTo(470, 275);
        kotak.lineTo(475, 280);
        //Z
        kotak.moveTo(475, 255);
        kotak.lineTo(480, 245);
        kotak.lineTo(580, 245);
        kotak.quadTo(590, 255, 600, 255);
        kotak.lineTo(470, 340);
        kotak.quadTo(480, 330, 490, 350);
        kotak.lineTo(580, 350);
        kotak.lineTo(590, 340);
        //K
        kotak.moveTo(600, 275);
        kotak.lineTo(600, 390);
        kotak.moveTo(590, 400);
        kotak.lineTo(610, 385);
        kotak.moveTo(590, 360);
        kotak.lineTo(720, 275);
        kotak.moveTo(650, 320);
        kotak.lineTo(730, 430);
        kotak.moveTo(720, 440);
        kotak.lineTo(740, 425);
        //Y
        kotak.moveTo(680, 200);
        kotak.lineTo(740, 270);
        kotak.lineTo(740, 390);
        kotak.moveTo(800, 200);
        kotak.lineTo(740, 270);
        kotak.moveTo(730, 400);
        kotak.lineTo(750, 385);
       
        g2.draw(kotak);
    }
}


3. Run project F6



Semoga tutorial yang kami bagi ini dapat membantu sobat sekalian.
SELAMAT BELAJAR

0 Response to "Tutorial Grafika Komputer Menggunakan JAVA 2D XIII"

Post a Comment