1. Yang pertama perlu kita lakukan adalah
kita buat file.java
Baca juga :
/*
* To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
* To change this template file, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package tugas6_4;
import java.awt.*;
import java.awt.geom.GeneralPath;
import javax.swing.*;
/**
*
* @author Lab Aplikasi 1
*/
public class Tugas6_4 extends JApplet {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
JFrame frame = new JFrame();
frame.setTitle("General Path");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
JApplet applet = new Tugas6_4();
applet.init();
frame.getContentPane().add(applet);
frame.pack();
frame.setVisible(true);
}
public void init() {
JPanel panel = new Panel2D();
getContentPane().add(panel);
}
}
class Panel2D extends JPanel {
public Panel2D() {
setPreferredSize(new Dimension(1100, 600));
setBackground(Color.lightGray);
}
public void paintComponent(Graphics g) {
Dimension d = getSize();
int maxX = d.width - 1;
int maxY = d.height - 1;
super.paintComponent(g);
Graphics2D g2 = (Graphics2D) g;
GeneralPath kotak = new GeneralPath();
g2.setStroke(new BasicStroke(3.0f));
//R
kotak.moveTo(290, 300);
kotak.lineTo(345, 278);
kotak.quadTo(450, 220, 315, 200);
kotak.lineTo(300, 200);
kotak.quadTo(290, 205, 290, 205);
kotak.lineTo(290, 350);
kotak.moveTo(280, 360);
kotak.lineTo(300, 345);
kotak.moveTo(345, 278);
kotak.lineTo(400, 350);
//E
kotak.moveTo(400, 275);
kotak.lineTo(400, 380);
kotak.quadTo(400, 390, 415, 390);
kotak.lineTo(470, 380);
kotak.lineTo(470, 370);
kotak.moveTo(380, 350);
kotak.lineTo(440, 350);
kotak.moveTo(380, 275);
kotak.lineTo(470, 275);
kotak.lineTo(475, 280);
//Z
kotak.moveTo(475, 255);
kotak.lineTo(480, 245);
kotak.lineTo(580, 245);
kotak.quadTo(590, 255, 600, 255);
kotak.lineTo(470, 340);
kotak.quadTo(480, 330, 490, 350);
kotak.lineTo(580, 350);
kotak.lineTo(590, 340);
//K
kotak.moveTo(600, 275);
kotak.lineTo(600, 390);
kotak.moveTo(590, 400);
kotak.lineTo(610, 385);
kotak.moveTo(590, 360);
kotak.lineTo(720, 275);
kotak.moveTo(650, 320);
kotak.lineTo(730, 430);
kotak.moveTo(720, 440);
kotak.lineTo(740, 425);
//Y
kotak.moveTo(680, 200);
kotak.lineTo(740, 270);
kotak.lineTo(740, 390);
kotak.moveTo(800, 200);
kotak.lineTo(740, 270);
kotak.moveTo(730, 400);
kotak.lineTo(750, 385);
g2.draw(kotak);
}
}
3. Run project F6
Semoga tutorial yang kami bagi ini dapat membantu sobat sekalian.
SELAMAT BELAJAR
0 Response to "Tutorial Grafika Komputer Menggunakan JAVA 2D XIII"
Post a Comment